Sabtu, 03 Maret 2018

Program Python Menentukan Faktorisasi Prima Sebuah Bilangan Bulat

Buat kamu yang haus buat belajar pemrograman python, Intechgram akan memberikan kamu referensi yang dapat mengasah skill pemrograman kamu. Kali ini Intechgram akan membahas bagaimana membuat sebuah program yang menentukan faktorisasi prima dari sebuah bilangan bulat positif. Memakai Python tentunya.

Lihat juga : Cara install openCV di python 3 dengan mudah


Faktorisasi prima adalah  pemfaktoran suatu bilangan bulat ke dalam bilangan prima yang menjadi konstituenya. Bilangan prima sendiri adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh bilangan itu sendiri dan angka 1. Contoh bilangan prima adalah  seperti angka (2,3,5,7,dst). Sebagai contoh, bilangan 10 memiliki faktor prima 2 dan 5 sedangkan bilangan 15 memiliki faktor prima 3 dan 5.
contoh : faktor prima angka 10

Catatan : Intechgram Menggunakan Python 3

Lihat Juga : program konversi nilai dengan python

Berikut adalah kode program nya :



Penjelasan :
  • Perulangan For digunakan untuk menentukan bilangan prima yang ada antara 2 sampai dengan bilangan bulat yang di inputkan. Misalkan kita inputkan angka 10 maka bilangan prima antara 2 sampai 10 adalah 2,3,5,7.  kemudian bilangan prima itu akan disimpan di list yang bernama 'a'. 
  • Perulangan while adalah untuk menentukan faktor prima dari bilangan yang diinputkan. Variabel 'a' yang memuat bilangan prima, digunakan untuk membagi bilangan yang akan ditentukan faktor prima nya. Misalkan angka yang di inputkan dan dicari faktor primanya  adalah 10 maka 10 akan dibagi oleh bilangan prima 2,3,5,7. Apabila hasil pembagian memiliki sisa nol (bukan pecahan) maka bilangan prima itu adalah faktorisasi primanya. Kemudian faktor prima tersebut akan disimpan di variabel 'b' dengan tipe data berupa list.
 Hasil program ketika dijalankan :




EmoticonEmoticon