Selasa, 21 Mei 2019

Cara Install OpenCV di python 3 dengan mudah (Windows)

OpenCV adalah sebuah library open source yang digunakan untuk mengolah gambar dan video (image processing). OpenCV merupakan library yang dibuat oleh intel. OpenCV dapat digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman seperti bahasa C, C++ java, dan juga python. Tidak hanya itu, openCV juga dirancang untuk bisa digunakan diberbagai platform. Platform yang support penggunaan openCV antara lain windows, linux, iOS, Android, dan Mac OS.


lihat juga: Membuat Custom Domain Xampp pada Project Laravel

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat menjalankan library openCV. Library openCV sendiri tersedia untuk python 2 maupun python 3. Untuk instalasi openCV di python bisa melalui pip (python install packages).Untuk python 2 pip tersedia mulai python 2.7.3 dan untuk python 3 tersedia mulai versi 3.4.

Instalasi openCV memalui pip di python 3 maupun 2 sangatlah mudah. Berikut cara untuk menginstall openCV di python melalui pip install :

1. Buka Command prompt (CMD), anda bisa menekan tombol windows + R.
2. Pastikan program python sudah ada dalam path. Atau jikalau belum lakukan setting path terlebih dahulu untuk menambahkan python dalam path
3. kemudian di command prompt(CMD) ketikkan 'pip install opencv-python --user'


4. Selesai

Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon